“Doom Eternal,” yang dikembangkan oleh pkv games dan dirilis pada Maret 2020, adalah sekuel dari reboot “Doom” (2016) yang mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar game tembak-menembak. Game ini melanjutkan tradisi seri Doom dengan meningkatkan intensitas aksi dan memperdalam gameplay, memberikan pengalaman yang memukau dan penuh adrenalin di dunia yang penuh kekacauan dan kehancuran.
Dalam “Doom Eternal,” pemain kembali berperan sebagai Doom Slayer, seorang pembunuh iblis legendaris yang bertugas untuk menghentikan invasi setan ke Bumi. Kisah game ini mengungkapkan latar belakang lebih mendalam tentang Doom Slayer dan konfrontasinya dengan berbagai entitas jahat yang mengancam umat manusia. Cerita ini dikemas dalam bentuk potongan-potongan narasi yang disampaikan melalui cutscene, teks, dan lingkungan yang sangat mendetail, menjadikannya lebih terintegrasi dalam pengalaman gameplay.
Gameplay “Doom Eternal” adalah kombinasi yang brilian antara tembak-menembak yang cepat dan aksi yang intens. Mekanika permainan dioptimalkan untuk memastikan bahwa setiap pertarungan terasa menegangkan dan memuaskan. Sistem pertarungan game ini sangat dinamis, memanfaatkan perpaduan antara senjata yang bervariasi, keterampilan khusus, dan taktik untuk menghadapi musuh. Doom Slayer dilengkapi dengan berbagai senjata ikonik seperti Super Shotgun, Plasma Rifle, dan BFG 9000, masing-masing dengan kemampuan dan kekuatan yang unik. Selain itu, ada juga fitur-fitur baru seperti “Meat Hook” pada Super Shotgun yang memungkinkan pemain untuk menarik diri mendekati musuh dengan cepat dan melakukan serangan jarak dekat.
Keunikan dari “Doom Eternal” terletak pada bagaimana game ini menggabungkan elemen platforming dengan pertarungan tembak-menembak. Pemain harus memanfaatkan kemampuan parkour dan eksplorasi untuk bergerak cepat di lingkungan yang penuh dengan rintangan, sambil terus menghadapi gelombang musuh yang terus-menerus. Sistem “Glory Kill” juga memberikan pendekatan agresif dalam menghadapi musuh, memungkinkan Doom Slayer untuk melumpuhkan musuh dengan cara yang spektakuler dan mendapatkan kesehatan atau amunisi tambahan.
Lingkungan dalam “Doom Eternal” dirancang dengan sangat cermat untuk menawarkan tantangan yang bervariasi. Setiap level dipenuhi dengan detail yang kaya, dari dunia pasca-apokaliptik yang gelap hingga lanskap neraka yang penuh dengan lava dan kehancuran. Desain level yang non-linear memberikan kebebasan eksplorasi, dengan rahasia dan item tersembunyi yang mendorong pemain untuk mengeksplorasi setiap sudut.
Musik dalam “Doom Eternal,” yang diciptakan oleh Mick Gordon, juga memainkan peran penting dalam pengalaman bermain. Soundtracknya yang berat dan penuh energi meningkatkan intensitas setiap pertempuran, memastikan bahwa setiap tembakan dan ledakan terasa lebih menggelegar. Musik yang menggebu-gebu menciptakan suasana yang sangat cocok dengan aksi cepat dan brutal yang disajikan dalam game ini.
Walau “Doom Eternal” sangat dipuji karena kualitas aksinya, beberapa pemain mungkin merasa bahwa kecepatan dan intensitas gameplay dapat terasa melelahkan setelah beberapa waktu. Ada juga kritik terkait dengan desain level yang kadang-kadang bisa terasa berlebihan dalam hal kompleksitas dan ukuran.
Secara keseluruhan, “Doom Eternal” adalah sebuah mahakarya dalam genre tembak-menembak yang penuh aksi. Dengan pertarungan yang dinamis, desain level yang memukau, dan musik yang berenergi tinggi, game ini menawarkan pengalaman yang sangat memuaskan bagi para penggemar aksi dan adrenalin. Bagi mereka yang mencari tantangan dan kegembiraan dalam format yang sangat intens, “Doom Eternal” adalah pilihan yang tak boleh dilewatkan.